Nadeo Argawinata dan 4 Pemain Timnas Indonesia Adalah Lulusan Pesantren

oleh -850 views
Nadeo Argawinata dan 4 Pemain Timnas Indonesia Adalah Lulusan Pesantren

Walaupun Asnawi Mangkualam dkk tidak juara dalam laga final piala AFF 2020 di Singapura melawan Tailand, Rabu (29/12/2021), namun penampilan mereka sungguh luar biasa.

Taukah kalian, ternyata para pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 itu, banyak yang lulusan pesantren. Setidaknya ada 5 pemain yang pernah belajar di pondok pesantren, di antaranya:

Nadeo Argawinata

Siapa yang tidak tau dengan sosok kiper ciamik yang satu ini, dialah penyelamat gawang timnas Indonesia saat melawan tuan rumah Singapura.

Tepisan Nadeo Argawinata menjadi penentu kemenangan Indoneisa melawan Singapura. Nadeo Argawinata ternyata pernah mondok di pesantren Al-Husna Kediri.

Asnawi Mangkualam

Kapten timnas garuda muda Indonesia pada Piala AFF 2020 adalah sosok santri bernama Asnawi Mangkualam.

Asnawi Mangkualam begitu luar biasa memimpin timnas garuda muda Indonesia hingga ke babak final Piala AFF 2020 di Singapura.

Diketahui, Asnawi Magkualam pernah mondok di salah satu Pondok Pesantren di Makassar.

Witan Sulaeman

Witan Sulaiman juga merupakan alumni Pondok Pesantren asuhan Syaikh Zainuddin Abdul Majid Anjani di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Witan Sulaiman merupakan salah satu andalan timnas Indonesia saat berlaga di Piala AFF 2020 di Singapura.

Penampilan Witan Sulaiman yang terlihat masih sangat muda sekali (20 thn), memang selalu mencuri perhatian para penggemar sepak bola tanah air.

Dia dapat julukan raja Assist setelah menorehkan setidaknya 5 kali pada Piala AFF 2020. Tidak hanya menjadi raja Assist, dia juga mampu menjeblos gawang lawan sebanyak dua kali.

Evan Dimas

Evan Dimas yang sudah kenyang dengan pengalaman bertanding dengan tim negara-negara lain di Asia juga merupakan alumni sekolah Nahdlatul Ulama (NU) Shafta Lontar Citra, Surabaya.

Menurut pelatih Shin Tae-Yong, “sosok seperti Evan Dimas yang sudah memiliki jam terbang tinggi bersama timnas pantas memimpin squad “Garuda”.

Evan Dimas pernah membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 tahun 2013. Tidak hanya itu, Evan Dimas juga tampil dalam laga Piala AFF tahun 2014. Dia juga memperkuat timnas di SEA Games 2015, 2017 dan 2019.

Evan Dimas juga pernah tampil dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kualifikasi Piala Asia dan berbagai pertandingan maupun turnamen internasional lain.

Dedik Setiawan

Dedik Setiawan sebagai pemain lini serang Timnas Indonesia pada Piala AFF 2020, juga merupakan salah soerang yang dulunya pernah nyantri di Pondok Pesantren Liang Gunung.

Shin Te-yong selalu memberi kepercayaan kepada Dedik Setiawan di lini depan. Kelincahannya dalam mengolah bola sehingga dia kerap kali maju sebagai starter.

Namun dalam pertandingan pada Piala AFF 2020 yang diselenggarakan di Singapura itu, Dedik Setiawan belum mencetak gol. (*)