KPP: Manfaat Air Laut Menangkal Virus, Sarankan Renang

oleh -924 views
Menteri Kelautan dan Perikanan Jelaskan Manfaat Air Laut untuk Tangkal Virus Covid-19

Jakarta – Di tengah serangan virus Covid 19 masyarakat mulai sadar dengan mencoba berbagai langkah antisipasi untuk melindungi diri dari serangan Virus tersebut, mulai dengan berjemur diterik matahari, menjaga jarak,  hingga cara-cara unik lainnya. Selain cara-cara tersebut  salah satu aktivitas yang mampu melindungi diri dari virus covid 19 yakni berenang di laut.

Sespri Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Amiril Mukminin sekaligus pengurus BPP Hipmi saat ini mengungkapkan  berbagai manfaat air laut untuk kesehatan tubuh manusia. “Mungkin belum banyak masyarakat yang mengerti tentang manfaat air laut bagi tubuh manusia, berenang di laut dapat menambah benteng pertahanan tubuh kita dari ancaman serangan virus”. Ungkapnya. (Sabtu 28/03/2020).

“Kita juga tetap memperhatikan keamanan serta memastikan kebersihan alat renang, seperti pakaian renang, handuk dan kacamata renang,” tambah Amiril.

Pemuda kelahiran asli Sumenep Madura ini menyarankan agar pemerintah mensosialisasikan manfaat berenang di laut. Sehingga Masyarakat mengerti khasiat air laut dari hanya sekedar olahraga dan rekreasi semata.

Badan kesehatan WHO mengakui bahwa klorinasi air sebesar 15mg per liter cukup untuk. membunuh virus.  Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa air laut kaya akan mineral,  seperti natrium,  klorida,  sulfat,  magnesium,  dan kalsium.

Dalam buku pedoman Pool Water Treatment and Advisory Group (PWTAG) yang dilansir dari harian The Sun (21/3) juga memberikan penjelasan terkait hal ini bahwa berenang dalam masa persebaran virus seperti ini umumnya aman untuk dilakukan. Senyawa klorin yang  terkandung di dalam air dapat membunuh bakteri maupun virus. (red)

Pewarta: Wawan

Editor: Muweil