Habib Ali al-Jufri Sampaikan Bela Sungkawa & Doa untuk Warga Terdampak Bencana di Indonesia

oleh -1.484 views

Berita Santri Milenial – Duka terdalam dari saya pribadi dan dari Habib Ali al-Jufri untuk semua korban beserta keluarganya atas bencana yang terjadi bertubi-tubi di Indonesia.

Semoga semua korban jiwa diterima oleh Allah Swt. sebagai syuhada dan semua korban luka-luka beserta keluarga yang masih hidup semoga dilapangkan, ditabahkan, diagungkan pahalanya, serta diberi ganti kebaikan-kebaikan yang tak terhingga.

Pelajaran yang harus kita ambil dari rentetan peristiwa ini:

1) Jangan mudah memvonis ini azab gara-gara ini, petaka gara-gara itu, sebab itu sama dengan mengklaim atas nama Allah Swt. dan itu bentuk keberanian kepada Allah Swt. Jika mampu berdonasi, lakukanlah. Jika tidak, cukup mendoakan dan berbelasungkawa. Tak perlu berusaha mencari cocokologi konspirasi di balik semua ini.

2) Berburuksangkalah pada diri masing-masing, bukan pada orang lain, sebab mungkin semua ini akibat dosa kita seorang diri. Dahulu para kekasih Allah selalu merasa dirinyalah penyebab dari setiap musibah.

3) Jangan sampai semua ini berlalu begitu saja tanpa kita ambil pelajaran berharga. Jadilah manusia-manusia yang teredukasi, tertib, dan menjaga lingkungan. Jika menjadi penumpang pesawat, taatilah semua aturan. Jangan hidupkan hp di dalam pesawat. Tolak pertambangan dan pabrik yang tak ramah lingkungan. Tolak penebangan hutan liar dan lindungilah semua spesies. Jangan tukar itu dengan berapa pun keuntungan yang kita dapat.

Jangan lagi buang sampah sembarangan. Jaga selalu kebersihan. Kurangi penggunaan plastik. Kampanyekan semua itu mulai dari diri kita.

4) Tingkatkan ibadah. Jadikan momentum untuk kembali ke jalan-Nya. Seberdosa apa pun kita, pintu-Nya tak pernah ditutup. Jadikan ini peringatan agar kita kembali sadar bahwa kita semua sangatlah lemah. Sekaya apa pun, seberkuasa apa pun, seterkenal apa pun, sebahagia apa pun, sesukses apa pun, kalau Allah Swt. berkehendak, sangat mudah bagi-Nya untuk merenggut semua itu hingga tak tersisa.

5) Jangan lupa selalu berdoa saat bepergian, berkendara, beristirahat, memulai aktivitas, dan kapan pun.

Jangan pernah lupa bahwa “berdoa walau sekadar membaca basmalah itu bisa mendatangkan keberkahan”. Dengan keberkahan itu insyaallah kita akan dilindungi-Nya. (*)

#PrayFOrKalSel

Sumber: Halaman Facebook Habib Ali Al-Jufri.