Ibunda Presiden Jokowi Tutup Usia, Ini Penyakit yang Dideritanya

oleh -743 views

Solo – Ibunda Presiden Joko Widodo, Sutjiatmi Notomiharjo telah pulang ke rahmatullah pada Rabu pukul 16.45 WIB, di RST Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah.

“Innalillahi wa innailaihi rojiun, innalillahi wa innailaihi rojiun, innalillahi wa innailaihi rojiun. Tadi sore pada pukul 16.45 WIB berpulang ke hadirat Allah SWT ibunda kami, Ibu Sudjiatmi Notomihardjo,” kata Jokowi di Solo, Rabu (25/3/2020).

Jokowi memohon doa dari masyarakat agar almarhumah diampuni dari segala dosanya. “Atas nama keluarga besar, saya ingin memohonkan doa agar segala dosa-dosanya diampuni Allah SWT dan husnulkhatimah,” ujar Jokowi. Ibunda Jokowi dimakamkan di pusaran pemakaman dekat sang suami di Solo.

Penyakit Ibunda Jokowi

Jokowi menceritakan sang ibu sudah empat tahun mengidap penyakit kanker. Menurutnya ikhtiar sudah dilakukan, termasuk berobat ke RSPAD Gatot Subroto.

“Tetapi memang Allah sudah menghendaki,” lanjutnya. “Atas nama keluarga besar saya ingin memohon doa agar segala dosanya diampuni Allah dan khusnul khotimah.”

Mengutip dari laman Kementerian Komunikasi dan Informatika, Sudjiatmi lahir pada 15 Februari 1943. Ia menikah dengan Widjiatno Notomihardjo dan memiliki empat orang anak. Jokowi merupakan anak pertama dari pasangan tersebut.

Sementara itu, kabar Sudjiatmi meninggal menuai bela sungkawa dari para menteri dalam Kabinet Indonesia Maju. Mereka ramai-ramai mengucapkan duka via akun media sosial Instagram.

“Inna lillahi wa inna illaihi raji’un. Allahumaghfirlaha warhamha wa’adlfiha wa’fuanha. Turut menghaturkan doa duka cita yang mendalam atas berpulangnya: Ibu Sujiatmi Notomiharjo, Ibunda Bapak Joko Widodo Presiden RI,” tulis Menteri BUMN Erick Thohir.

“Turut berduka cita yang mendalam atas meninggalnya Ibunda Sujiatmi Notomiharjo, Ibunda dari Presiden Jokowi. Semoga almarhumah mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT dan husnul khatimah. Semoga Bapak Presiden dan keluarga senantiasa diberikan kekuatan, kesabaran dan perlindungan Allah SWT,” tulis Menteri Keuangan Sri Mulyani.

“Atas nama pribadi, keluarga, dan seluruh keluarga besar Kementerian Pertahanan Republik Indonesia mengucapkan turut bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas wafatnya Ibunda Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. Joko Widodo, Ibu Sudjiatmi Notomihardjo semoga arwah beliau di terima di sisi Allah SWT,” tulis Menteri Pertahanan Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto.

Jajaran kementerian juga turut melontarkan ungkapan duka melalui akun Instagram antara lain Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.